Denah Padepokan Pencak Silat Tjimande H. Sugito

Rabu, 11 Januari 2012

300 Atlet Pencak Silat Ikuti Seleksi di Selong

MATARAM, KOMPAS.com
Sebanyak 330 atlet pencak silat dari 11 provinsi akan mengikuti seleksi di Selong, ibu kota Lombok Timur, Nusa Teggara Barat.

Pertandingan ini merupakan bagian dari Pra PON XVIII 2012, sekaligus ujian bagi tiap Daerah yang melaksanakan Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda), guna memastikan atletnya mendapatkan tiket ke Pekanbaru, Riau.

"Kami berharap, dalam seleksi ini, NTB meloloskan atlet sebanyak-banyaknya, mengingat pencak silat adalah salah satu cabang olahraga unggulan kami," ujar Kasdiono, Ket ua KONI NTB, hari Sabtu (7/1/2012) di Mataram.


Seleksi yang berlangsung 23-30 Januari di Selong, sekitar 50 kilometer timur Mataram, ibu kota NTB ini dinilai sebagai persiapan, kajian, dan analisa peluang atas cabang olahraga (cabor) yang dipilihnya guna mengukir hasil terbaik di PON XVIII di Pekanbaru nanti.

Dua atlet andalan pencak silat NTB, yaitu I Komang Wahyu dan Maryati, bisa mengatasi lawan-lawannya dalam seleksi itu. Wahyu adalah peraih medali emas SEA Games Laos 2009, dan Maryati peraih medali perak SEA Games 2011.

Mengenai target dalam PON XVIII, Andy Hadianto, Ketua Panitia Pelatda NTB, mengatakan, Pemerintah Provinsi NTB menargetkan 10 emas. Medali-medali emas itu diharapkan dari cabor unggulan seperti atletik, kempo, tarung derajat, volley pasir, tinju dan pencak silat.

Target itu lebih besar dibandingkan dengaan PON XVII Samarinda, Kaltim. Saat itu kontingen NTB meraih tiga emas, tiga perak, dan sembilan perunggu.

"Untuk mencapai target itu tidak didukung dana yang memadai. Saya dengar DPRD NTB hanya menggelontorkan anggaran Rp 2,5 miliar untuk kegiatan PON," ucap Kasdiono.

Padahal dengan hasil PON Samarinda, KONI NTB didukung Rp 6 miliar. KONI daerah lain, dengan target 10 emas disediakan anggaran Rp 10 miliar.

Minimnya anggaran yang dialokasikan itu, menurut Kasdiono dan Andy Hadianto, tidak membuat Tim PON NTB berkecil hati. Hal itu malah menjadi pemicu dan pemacu semangat meraih prestasi terbaik.

KONI NTB berharap adanya partisipasi dan sumbangsih banyak pihak, seperti pengusaha dan kalangan swasta lain, demi mengangkat nama dan citra NTB di bidang olahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...