Denah Padepokan Pencak Silat Tjimande H. Sugito

Minggu, 29 Mei 2011

Sejarah Singkat

Sejarah Singkat TTKDH

Khasanah persilatan di Indonesia tidak asing lagi dengan istilah kata Tjimande, yaitu sebuah aliran pencak silat yang tergolong besar, terkenal dan memiliki pengaruh pada aliran persilatan lainnya. Khususnya di Jawa, Indonesia hingga mancanegara.

Bagi khalayak umum di Jabodetabek, Tjimande lebih dikenal sebagai ahli patah tulang yaitu memperbaiki atau mengobati dan menyembuhkan tulang yang patah dengan cara tradisional. Di situlah Tjimande terkenal pada umumnya sebagai Bengkel Patah Tulang atau lebih dikenal dengan sebutan "Bengkel" khususnya di kalangan ahli patah tulang Tjimande.

Tjimande sendiri adalah merupakan nama sungai di satu desa yang mengalir dimana di tepi sungai tersebut dulunya Eyang (Mbah) Khair tinggal sehingga aliran pencak silat yang diwariskan oleh mbah Khair dinamakan aliran Tjimande. Di tepi sungai ini pula selain mbah Khair tinggal menetap, dengan murid-muridnya berlatih maenpo (pencak silat Sunda). Belakangan waktu makna baru diberikan pada nama Tjimande baik dalam konteks bernuansa religi maupun budaya Sunda.


Tjimande diyakini diciptakan oleh Eyang (Mbah) Khair. Mbah Khair mempunyai murid Eyang Rangga, sementara yang meneruskan dan melestarikan amanat leluhur ini adalah keturunan Eyang Rangga.

Bahwa Tjimande memiliki 5 aspek dan bukan sekadar 4 aspek dalam maenpo (pencak silat Sunda) yaitu aspek Olahraga, Seni Budaya (tradisi), Bela Diri, Spiritual dan Pengobatan. Aspek terakhir yaitu pengobatan pijat/urut gaya Tjimande dan pengobatan/penyembuhan patah tulang.

Desa Tarikolot dianggap sebagai sumber dan asal-usul Tjimande. Di desa ini yang kebanyakan adalah keturunan Eyang Rangga dan memiliki banyak murid berbakat. Hingga saat ini ilmu warisan karuhun tersebut masih dilestarikan dan terus dikembangkan khususnya di kampung Tarikolot, desa asal usul Tjimande.

Pencak silat sebenarnya adalah bagian dari keseharian pada kehidupan manusia. Misalnya jika ada yang mau memukul maka secara refleks tangan kita menangkis, dan jika kita mau jatuh, maka tubuh dan kaki kita langsung menyesuaikan keseimbangan. Hanya sajalah oleh mbah Khair, hal tersebut diramu dan dirumuskan dalam bentuk pelajaran yang sistematik dan gampang untuk dipelajari sehingga jadilah maenpo Tjimande.


Kehidupan Eyang (Mbah) Khair.
Mbah Khair tinggal di kampung Cogrek Bogor, yang merupakan pendekar yang disegani pada tahun 1760 M. Pada tahun tersebut pertama kali Eyang (mbah) Khair memperkenalkan pada murid-muridnya jurus maenpo Tjimande. Kemudian, murid-muridnya menyebarkan dan meluaskan ke daerah lainnya seperti Batavia, Bekasi, Karawang, Cikampek, Cianjur, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Sumedang, Ciamis, Kuningan dan Cirebon.

Mbah Khair sering bepergian jauh meninggalkan kampung halamannya untuk berdagang kuda. Pada perjalanan usahanya dia sering mengalami pembegalan oleh perampok dan bandit. Namun keadaan itu semua dapat diatasi karena kebisaan maenpo-nya.

Di Batavia dia berkesempatan berkenalan dengan pendekar silat dari Minangkabau dan China yang sangat ahli dalam dunia persilatan. Untuk saling mencoba dengan bertukar pikiran dan pengalaman, pertemuan dengan para pesilat lain ini memberikan cakrawala yang menambahkan wawasan pandangan tentang permainan yang dimilikinya dan berinteraksi dengan budaya lain.

Pada saat berdagang di daerah Cianjur, Mbah Khair bertemu dengan bupati Cianjur VI yakni Raden Adipati Wiratanudatar (1776-1813). Mbah Khair pun memutuskan untuk menetap di Cianjur dan berdomisili di kampung Kamurang. Raden Adipati Wiratanudatar  mengetahui bahwasanya Mbak Khair mahir bermaenpo, dan dimintalah Mbah Khair untuk mengajar keluarganya, pegawai kabupaten dan petugas keamanan.

Untuk membuktikan keterampilannya Bupati mengadakan adu tanding melawan pendekar dari Cina dengan permainan Kuntaw Macao di alun-alun Cianjur. Pertandingan adu keahlian beladiri tersebut dimenangkan oleh Mbah Khair. Inilah yang membuat namanya semakin populer di Kabupaten Cianjur.

Pada tahun 1815 Mbah Khair kembali ke Bogor, beliau memiliki 5 putera yaitu Endut, Ocod, Otong, Komar dan Oyot. Dari kelima putranya inilah Silat Tjimande disebarkan ke seluruh tanah Pasundan. Sementara di Bogor yang meneruskan penyebaran Silat Tjimande adalah muridnya yang bernama Ace, yang kemudian meninggal di desa Tarikolot dan hingga kini keturunannya menjadi sesepuh pencak silat Tjimande Tarikolot Kebon Djeruk Hilir.

Pada permulaan abad ke-19 di Jawa Barat adalah merupakan masa-masa kejayaan silat Tjimande, hingga cara berpakaian Mbah Khair dengan menggunakan celana sontok atau pangsi dengan baju kampret menjadi pakaian pencak silat hingga kini.

Pada tahun 1825 Mbah Khair meninggal dunia, sedangkan buah karyanya terus berkembang dan diterima secara luas oleh masyarakat Jawa Barat. Pola pendidikannya dikembangkan oleh anak didiknya seperti Sera dan Aliran Ciwaringin yang dalam perkembangan mengadakan perubahan jurus seperti yang dilakukan oleh H. Abdur Rosid. Akan tetapi perubahan itu tidak jauh berbeda dari pakem maenpo Tjimande.

Dewasa ini Silat Tjimande sudah berkembang ke seluruh pelosok dunia, namun Mbah Khair mewariskan maenpo Tjimande tidak dalam bentuk catatan tertulis. Tradisi disampaikan secara lisan tidak sistematik di desa Tjimande. Sehingga maenpo Tjimande tidak berada dalam tatanan yang terpadu seperti organisasi.

Maenpo Tjimande berkembang mula dari keturunan dan keluarga yang tidak terorganisir rapih, namun begitu dalam kurun waktu yang panjang telah menghasilkan murid-murid yang banyak dan dari sinilah berkembang pesat menjadi perguruan silat Tjimande baru baik dengan izin maupun tidak, sehingga satu dengan yang lainnya tidak saling mengenal lagi. Setidak-tidaknya silat Tjimande menjadi bagian dasar dari perkembangan pendidikan aliran-aliran pencak silat baru yang sudah banyak tersebar di seluruh dunia.

Silat Tjimande pada mulanya menggunakan teknik perkelahian jarak jauh, yaitu pesilat mengambil jarak jangkau selepas kaki. Jarak ini dimungkinkan untuk dapat mudah menghindari serangan lawan. Jarak ini juga menjadi jarak dominan untuk serangan balik.

Setiap pesilat dalam memulai sebuah serangan harus melihat sikap kaki atau kuda-kuda, yang bertujuan untuk menjaga jarak lawan. Kuda-kuda pipih yang digunakan dapat dengan mudah dipindah-pindahkan dan dapat diubah-ubah dengan kecepatan dan frekwensi tinggi. Karena lawan akan memberikan serangan jarak dalam bentuk pukulan atau tendangan cepat dan tinggi. Untuk mengatasinya maka diperlukan jurus supaya pesilat dapat mengimbanginya. Secara garis besar Silat Tjimande dibagi-bagi dalam tatanan, yaitu:
- Kelid Tjimande
- Pepedangan Tjimande
- Tepak Selancar

Kelid dan pepedangan merupakan jurus beladiri, sedangkan tepak selancar merupakan jurus seni dengan iringan musik gedang pencak.

I. JURUS KELID TJIMANDE
Jurus ini adalah jurus inti dari silat Tjimande yang bertujuan menangkis serangan lawan sambil berusaha merobohkannya. Jurus ini berjumlah 33 jurus, yaitu:
    1.   Tonjok Bareng
    2.   Tonjok Saubelah
    3.   Kelid Selup
    4.   Timpah Saubelah
    5.   Timpah Serong
    6.   Timpah Dua Kali
    7.   Batekan
    8.   Teke Tampa
    9.   Teke Purilit
    10. Tewekan
    11. Kedutan
    12. Guaran
    13. Kedut Guar
    14. Kelid Dibeulah
    15. Selup Dibeulah
    16. Kelid Tonjok
    17. Selup Tonjok
    18. Kelid Tilu
    19. Selup Tilu
    20. Kelid Lima
    21. Selup Lima
    22. Peuncitan
    23. Timpah Bohong
    24. Serong Panggul
    25. Serong Guwil
    26. Serong Gual
    27. Singgul Serong
    28. Singgul Sebeulah
    29. Sabet Pedang
    30. Beulit Kacang
    31. Beulit Jarak Pengkor
    32. Pakala Alit
    33. Pakala Gede   

Jika diperhatikan jurus kelid ini nampaknya tertumpu pada ketangguhan tangan sebagai inti kekuatan seperti:
- Tonjok : Bentuk tangan mengepal
- Teke: Menggunakan ruas jari tangan
- Telekan: Bentuk tangan pipih menusuk
- Kedutan: Menggunakan telapak tangan
- Guaran: Menggunakan sisi tangan bagian luar maupun dalam
- Singgulan: Menggunakan pangkal tangan

Bentuk Latihan:
Biasanya dilakukan duduk di tempat. Pasangan duduk saling berhadapan. Salah satu kaki dilipat dan kaki lainnya diselonjorkan ke depan demikian pula pasangannya dengan posisi berlawanan. Pasangan itu melakukan serangan bela dalam posisi duduk.

Tujuan Latihan:
Gunanya untuk melatih daya imajinasi seseorang untuk menentukan kuda-kuda yang tepat saat jurus-jurus tersebut dalam posisi berdiri. Dengan dikuasainya gerakan tangan, tentunya secara otomatis dapat dengan mudah menggunakan kuda-kuda dan serang bela.

II. JURUS PEPEDANGAN TJIMANDE
Jurus ini bertumpu pada kesigapan kaki dan teknik serang senjata golok. Dalam latihan digunakan senjata yang sesungguhnya dan harus tajam.

Jurus pepedangan ini berjumlah satu rangkaian jurus, yaitu:
    - Elakan Sabeulah
    - Selup Kuriling
    - Jagangan
    - Tagongan
    - Piceunan
    - Balungbang
    - Sabeulah
    - Opat Likur
    - Buang Dua Kali
    - Selup Kuriling
    - Selup Bohong

III. JURUS TEPAK SELANCAR
Jurus ini disajikan sebagai keindahan gerak. Karena jurus-jurusnya memiliki unsur keindahan dan setiap penampilannya harus diiringi musik (gendang pencak) terdiri dari: Dua gendang besar (Indung) dan dua gendang kecil (kulantir) yang berperan sebagai pengiring gerakan dan pengatur tempo lagu, terompet sebagai melodi lagu dan gong kecil (kempul/bende). Dalam penampilannya gerakan pencak selalu dititikberatkan dengan iringan gendang.

* PAKEM MUSIK BAKU:
    -  Tepak Dua
    -  Tepak Dung-dung
    -  Paleredan
    -  Galempang dan Tepak Tilu

* CALON MURID DAN KODE ETIK
 Setiap calon murid Tjimande yang akan mengikuti latihan terlebih dahulu harus menyatakan kesediaannya mematuhi tata cara atau etika perguruan yang amat dihormati.

Syarat-syaratnya ialah harus melalui rangkaian upacara tradisi seperti: Puasa selama 7 hari, yang dimulai dari hari Senin atau Kamis.

Selanjutnya membacakan sumpah atau janji (Pertalekan Tjimande)
    1.   Harus ta'at dan taqwa kepada Allah dan RasulNya
    2.   Jangan melawan kepada Ibu dan Bapak
    3.   Jangan melawan kepada Guru dan Ratu (pemerintah)
    4.   Jangan berjudi dan mencuri
    5.   Jangan riya, takabur dan sombong
    6.   Jangan berbuat zinah
    7.   Jangan bohong dan licik
    8.   Jangan mabok-mabokan dan menghisap madat
    9.   Jangan jahil dan menganiaya sesama makhluk Tuhan
    10. Jangan memetik tanpa izin, mengambil tanpa meminta
    11. Jangan suka iri hati dan dengki
    12. Jangan suka tidak membayar hutang
    13. Harus sopan santun, rendah hati dan saling harga menghargai di antara sesama manusia
    14. Berguru Tjimande bukan untuk gagah-gagahan, kesombongan dan ugal-ugalan tetapi untuk mencapai keselamatan dunia dan akhirat.

Pertalekan Tjimande dijelaskan sedemikian rupa dan diulang-ulang kepada calon murid sehingga murid benar-benar memahaminya dan dipegang tangannya oleh guru sebagai tanda kesanggupan. Berikutnya Guru membacakan do'a tawassul dan meneteskan air bercampur daun sirih ke mata sang murid (dipeureh). Tradisi ini disebut upacara keceran untuk menajamkan pandangan mata.

Pada dasarnya Tjimande berfungsi sebagai media syiar agama Islam, oleh karena itu ketaatan kepada Allah dan RasulNya dengan menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya merupakan syarat yang harus ditaati warga/anggota persilatan Tjimande.

Tjimande merupakan pengisi dan pengekang nafsu hewani dan sifat-sifat lain yang dapat merugikan semua pihak.

Tjimande bukan bertujuan untuk menguasai dan berkuasa atas diri manusia lainnya. Pada hakekatnya Ta'lek Tjimande adalah ruh dari pencaknya, tanpa Ta'lek Tjimande, pencak Tjimande ibarat mayat yang menyebarkan bau busuk menyengat.

Demikian sejarah Tjimande, mudah-mudahan bermanfaat dan memberi gambaran apa dan bagaimana Silat Tjimande.

Wassalam

ttd

H. Sugito 

Jl. Wijaya Kusuma II/14 No 56 RT 015/07 Kel Malaka Sari, Duren Sawit Jakarta Timur

1 komentar:

  1. Mohon pencerahan mengenai PS TTKDH, di jelaskan dalam postingan ini sejarah asal usul silat Tjimande/maenpo Tjimande, tetapi saya ingin tau adakah penjelasan mengenai sejarah bermulanya terbentuk PS TTKDH itu sendiri, siapa pencetus pertama yang menamakan Perguruan Silat Tjimande Tari kolot Kebon Djeruk Hilir (PS. TTKDH), karena yang saya ketahui Kebon Djeruk Hilir itu adalah nama daerah di wilayah DKI Jakarta, mohon arahan dan penjelasannya, trimakasih Salam Persaudaraan dari Kami PS TTKDH Padepokan Sumber Jaya Putra Buana (Tambun Selatan - Bekasi)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...